Selasa, 16 September 2014

Bengkulu "Bumi Raflesia"

 
Bengkulu, Salah satu provinsi yang masih dalam proses perkembang yang terletak di pulau sumatera bagian selatan. Provinsi Bengkulu berbatasan langsung dengan beberapa provinsi lain yang terletak di pulau Sumatera, yaitu provinsi Lampung, Jambi,dan Sumatera Selatan. Provinsi Bengkulu memiliki 10 kota/kabupaten. Yaitu Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Lebong, Muko-Muko, Rejang Lebong, Kabupaten Kaur.
Ibu kota Provinsi Bengkulu sendiri terlatak di kota bengkulu dan merupakan pusat otonom dari pemerintahan provinsi bengkulu sendiri.
Provinsi Bengkulu terkenal dengan wisata alam serta wisata sejarahnya. Ibu negera pertama berasal dari Argamakmur salah satu daerah di Bengkulu Utara. Di Bengkulu juga terdapat rumah pengasingan Bung Karno serta benteng peninggalan jajahan Inggris yaitu Benteng Marlborough serta wisata wisata alam yang sangat menarik dan alami seperti Panjang Panjang, Danau Dendam Tak Tudah, Tanah lot Lais, Pulau Tikus, dll.

Pantai Panjang
 
Tanah Lot Lais
 
 
 Benteng Marlborough
 



TABOT

 
 Tabot adalah upacara tradisional masyrakat Bengkulu yang di peringati setiap tanggal 1-10 Muharam yang betujuan untuk mengenang jasa kepahlawanan cucu Muhammad, SAW yaitu Husen bin Ali bin Abi Thablib yang gugur pada masa perang di Irak.
 
 



LEMPUK DURIAN


Lempuk durian merupakan salah satu oleh oleh khas dari Provinsi Bengkulu. Lempuk durian ini berupa dodol yang terbuat dari daging durian asli dan memiliki aroma durian yang sangat menggugah selera para penggemar buah durian.







BATIK BESUREK




Batik besurek adalah salah satu batik yang berasal dari Provinsi Bengkulu.
Disebut besurek karena besurek itu sendiri memiliki arti bersurat dalam bahasa Indonesia dan besurek itu sendiri bermotifkan hufur arab. So, bukan jawa saja yang memiliki batik, Bengkulu juga punya loh ;)







-ema wara-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar